Awal Penerapan New Normal, DPMPTP Tingkatkan Koordinasi Dengan Dinas Teknis

Pariaman,- Penerapan New Normal yang baru diberlakukan ditengah wabah Covid-19, menjadi langkah baru bagi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padang Pariaman untuk meningkatkan koordinasi serta evaluasi terkait NSPK (Norma Standar Prosedur, dan Kriteria) perizinan dan Non Perizinan dengan Dinas Teknis terkait.

Pertemuan kali ini dilakukan dengan Dinas Perdagangan Nakerkop & UKM Kabupaten Padang Pariaman untuk membahas regulasi terbaru serta prosedur penerbitan izin. Untuk diketahui jenis perizinan yang di kelala oleh DPMPTP berjumlah 122 perizinan dan 6 non perizinan dan yang terkait dengan Disperindag ada sekitar 11 jenis perizinan, seperti: Surat Izin Usaha Perdagangan, Izin Toko Swalayan, Izin Pengelolaan Pasar Rakyat, dsb.

Kepala DPMPTP Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis menjelaskan bahwa seluruh perizinan dan non perizinan yang semula masih berada di OPD Teknis Terkait sekarang sudah harus di PTSP sesuai aturan Permendagri 138 Tahun 2017, dan dari 11 jenis perizinan yang berkaitan dengan Disperindagnakerkop ada beberapa jenis perizinan yang tidak memerlukan rekomendasi teknis karena merupakan izin dasar yang sekarang sudah terbit melalui aplikasi OSS ( Online Single Submission ) sesuai aturan PP 24 Tahun 2018.

“ Dari 11 Jenis Perizinan yang kami inventaris ada beberapa jenis izin yang sekarang terbit melalui aplikasi OSS sesuai amanat PP 24 Tahun 2018 sehingga tidak memerlukan rekomendasi teknis dari Disperindag, tetapi untuk jenis izin lainnya harus mempunyai rekomendasi teknis dari OPD teknis sebelum izinnya terbit. Kedepannya koordinasi ini akan terus kita tingkatkan termasuk semua data izin akan ditembuskan kepada OPD teknis terkait ”, ujar Kadis berprestasi ini.

Kepala Dinas Perdagangannakerkop&ukm Dewi Roslaini menambahkan bahwa koordinasi ini harus selalu dilakukan karena banyak pelaku usaha, seperti pangkalan LPG, Supermaket, dll yang belum mempunyai izin, termasuk penyusunan SOP harus dibahas bersama untuk tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“ Di Padang Pariaman ada sebanyak 215 pangkalan yang rata-rata masih banyak yang belum mempunyai izin, jadi kita harus bersama untuk memberikan sosialisasi dan teguran kepada pelaku usaha agar tertib administrasi perizinan ”, pungkasnya.

Dilihat: 98

 

Kontak

Silakan menghubungi kami melalui info berikut:

DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU & PERINDUSTRIAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  

Jl. M. Syafei No. 10, Kecamatan Pariaman Tengah, Kp. Perak, Pariaman Tengah, Sumatera Barat 25513

  Telepon : (0751) - 4784539
Faksimile : (0751) - 4784539
  dpmptp.pdprm@gmail.com

© 2017 DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU DAN PERINDUSTRIAN
KABUPATEN PADANG PARIAMAN