Belum Ada Izin, DPMPTP Beri Teguran kepada Pemilik Usaha Kandang Ayam

Sungai Limau,- Masyarakat di Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau mengeluhkan dampak yang timbul dari keberaadaan kandang ayam. Terutama adanya bau yang tidak sedap, dan banyaknya lalat yang beterbangan ke rumah-rumah warga. Menindaklanjuti dari keluhan warga tersebut Dinas PMPTP Kabupaten Padang Pariaman bersama Dinas LHPKPP, Dinas Peternakan & Keswan, serta Kecamatan Sungai Limau melakukan tindakan dengan memberikan teguran kepada pemilik usaha peternakan/kandang ayam tersebut.

Teguran ini dimaksudkan agar pelaku usaha segera mengurus perizinan usahanya dengan memperhatikan/mengacu kepada aturan dan persyaratan yang telah ditentukan, terutama area sekitar karena hampir empat tahun ini, sebagian warga di Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau terdampak bau dan banyaknya lalat yang diduga berasal dari kandang ayam dekat dengan permukiman.

Kadis PMPTP Padang Pariaman Bpk. Rudy Repenaldi Rilis membenarkan adanya keluhan warga terhadap keberadaan usaha kandang ayam, hal ini dikarenakan adanya surat pengaduan ditandatangani oleh warga setempat yang masuk ke DPMPTP. Sebagai komitmen Pemerintah untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Dinas PMPTP beserta Dinas Teknis sudah memberikan teguran kepada pemilik kandang ayam serta menyarankan untuk secepatnya mengurus perizinannya, dimana teguran ini langsung diberikan dilokasi (kamis, 23/4/2020).

“Kami sudah melakukan pengecekan, ternyata kandang ayam tersebut belum mempunyai izin untuk itu hari ini bersama Dinas Teknis terkait kami sudah memberikan teguran kepada pelaku usaha serta menyarankan untuk segera melakukan pengurusan perizinannya dengan memperhatikan aturan yang berlaku,” ujar mantan camat berprestasi tersebut.

Pemerintah tidak bisa serta merta menghentikan usaha peternakan ayam tersebut. Penghentian usaha harus melalui proses diawali dengan mediasi dan himbauan untuk melakukan langkah-langkah pengelolaan lingkungan secara baik, selanjutnya pemilik usaha peternakan ayam wajib membersihkan setiap dampak yang ditimbulkan seperti sampah, debu dan kotoran ayam sehingga tidak adanya polusi yang dapat meresahkan warga.

#melayanidenganelok, #saatnyarakyatmenikmati, #tetapwaspadadanjagakesehatan

Dilihat: 201

 

Kontak

Silakan menghubungi kami melalui info berikut:

DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU & PERINDUSTRIAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  

Jl. M. Syafei No. 10, Kecamatan Pariaman Tengah, Kp. Perak, Pariaman Tengah, Sumatera Barat 25513

  Telepon : (0751) - 4784539
Faksimile : (0751) - 4784539
  dpmptp.pdprm@gmail.com

© 2017 DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU DAN PERINDUSTRIAN
KABUPATEN PADANG PARIAMAN