INDUSTRI LAPIAK PANDAN BISA MENJADI PRODUK UNGGULAN PADANG PARIAMAN

Padang Pariaman, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padang Pariaman Melalui Bidang Industri kembali melakukan Pendataan Dan Pembinaan Terhadap Beberapa Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Objek yang dilakukan pembinaan kali ini yaitu pengolahan/pengrajinan Lapiak Pandan yang bertempat di Korong Olo Nagari Sunur Tengah Padang Pariaman dan dihadiri Wali Korong Nagari Sunur Tengah Padang Pariaman, Kamis(13/02/2020).

Lusi Mindawati Selaku Kasi Bimbingan dan Pengurusan Usaha menyatakan bahwa Lapiak Pandan adalah tikar yang berbahan dasar daun pandan dan merupakan salah satu produk budaya yang mampu meningkatkan/menumbuhkan ekonomi masyarakat. Pengerjaannya dilakukan secara manual dengan tangan dan alat-alat yang begitu sederhana.

Saat ini 60% masyarakat di korong olo nagari sunur tangah adalah sebagai pengrajin lapiak pandan. Di lanjutkan pembicaraan dengan Wali Nagari Korong Olo Sunur Tengah yang berniat untuk mengembangkan lapiak pandan menjadi kerajinan produktif lainnya seperti, Sandal, Dompet, Topi Pantai Dan Souvenir. Dari hasil pembicaraan tersebut wali nagari pun setuju untuk siapkan dana pendamping untuk pelatihan pengrajin pandan.

Olahan Industri Lapiak Pandan beserta produk-produk lainnya diharapkan mampu menjadi produk unggulan dan bisa bersaing dengan produk olahan modern lainnya, ujar Wali Nagari Korong Olo Nagari Sunur Tengah Padang Pariaman.

Dilihat: 280

 

Kontak

Silakan menghubungi kami melalui info berikut:

DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU & PERINDUSTRIAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  

Jl. M. Syafei No. 10, Kecamatan Pariaman Tengah, Kp. Perak, Pariaman Tengah, Sumatera Barat 25513

  Telepon : (0751) - 4784539
Faksimile : (0751) - 4784539
  dpmptp.pdprm@gmail.com

© 2017 DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU DAN PERINDUSTRIAN
KABUPATEN PADANG PARIAMAN