Monev DAK Fisik Pembangunan Sentra IKM Cokelat oleh Dirjen IKMA Kementrian Perindustrian RI

Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah yang menerima kegiatan DAK Fisik Bidang Industri Kecil dan Menengah Dari Kementerian Perindustrian RI. Menindaklanjuti hal tersebut Direktorat Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian RI pada hari ini melakukan kunjungan ke Lokasi Pembangunan Sentra IKM Cokelat Padang Pariaman di Malibou Anai Naggari Guguk Kec. 2x11 Kayu Tanam. Kunjungan ini sekaligus dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pekerjaan fisik pembangunan sentra IKM yang sedang berlangsung di Kab. Padang Pariaman.

Kunjungan dari dirjen IKMA ini di wakili oleh Bapak Amsal. Selain kunjungan ke Kab. Padang Pariaman, Bapak Amsal juga akan berkunjung ke Kotamadya Padang Panjang.Dalam kunjungan kali ini, dilakukan pengecekan langsung perkembangan fisik pekerjaan yg sudah dilaksanakan, dan kita mendapatkan apresiasi atas progress yg telah dicapai saat ini, disamping itu juga diingatkan dalam pelaksanaan pekerjaan agar memperhatikan spesifikasi teknis, kekuatan dan kerapaian fisik bangunan sentra IKM tsb, jangan asal siap saja.

Selain itu juga diingatkan kepada pemerintah daerah sesuai dengan keinginan ibu dirjen IKMA, bahwa setelah pembangunan tahap I ini, agar segera mengoperasionalkan sentra IKM tersebut, dengan memberdayakan fasilitas yang sudah ada sebelumnya dan didukung dengan dana pendampingan dari daerah Kab. Padang Pariaman.

Kunjungan monev juga dilakukan kepada salah satu IKM kita ada di Malibou Anai yaitu IKM cokelat Malibou, dan kunjungan ini disambut langsung oleh pimpinan IKM cokelat Malibou Ibu Hj. Usnaiti. Pada kesempatan itu dilakukan pengecekan pabrik dan ruang gallery produk cokelat Malibou, dan juga diinformasikan kepada Bapak dari dirjen IKMA tersebut, bahwa produk cokelat Malibou sudah memiliki sertifikasi halal dan SNI, hal ini dicapai tidak terlepas dari bimbingan dan komitmen dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kab. Padang Pariaman untuk meningkatkan nilai produk IKM di Kab. Padang Pariaman.

Tentunya dengan pencapaian tersebut, pihak kementerian perindustrian RI akan melihat kesungguhan dari pemerintah Kab. Padang Pariaman dalam memajukan IKM. Dan pihak IKMA berharap target pembangunan sentra IKM di Kab. Padang Pariaman Melalui Dana DAK dapat dilanjutkan sampai tuntas, dan pembangunan sentra IKM trsebut, nantinya diharapkan sesuai dengan tujuan yg hendak dicapai baik oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan jangan sampai tidak memberikan dampak terhadap perkembangan IKM.

Indikator tersebut merupakan salah satu faktor yg menjadi penilaian pusat dalam memberikan Dana DAK Bidang IKM oleh Daerah.Hal tersebut dapat dilihat bahwa dari sepuluh usulan Kab/Kota di Provinsi Sumatera Barat, hanya dua Kab. Kota yang disetujui untuk menerima Dana DAK pada tahun 2020 yaitu kab. Padang pariaman dan Kab. Sijunjung.

Tentunya catatan2 positif yg didapatkan oleh pihak IKMA ini, akan memudahkan kita untuk dapat mendapatkan Dana DAK Fisik Ditahun tahun berikutnya. Padang Pariaman Maju, IKM Berdaulat.

Dilihat: 44

 

Kontak

Silakan menghubungi kami melalui info berikut:

DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU & PERINDUSTRIAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  

Jl. M. Syafei No. 10, Kecamatan Pariaman Tengah, Kp. Perak, Pariaman Tengah, Sumatera Barat 25513

  Telepon : (0751) - 4784539
Faksimile : (0751) - 4784539
  dpmptp.pdprm@gmail.com

© 2017 DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU DAN PERINDUSTRIAN
KABUPATEN PADANG PARIAMAN